Iklan Kiri

5 Fakta Menarik Kemudahan Hidup di Dunia Digital

Pada era digital seperti sekarang ini, kemajuan teknologi yang paling dirasakan adalah internet. Berkat internet, sekarang masyarakat di seluruh dunia bisa menikmati hiburan, mengakses informasi, dan berkomunikasi dengan orang lain tanpa batas. Bahkan, semua kemudahan tersebut bisa dirasakan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan cara lama.



Segala kemudahan hidup yang diwujudkan oleh adanya internet saat ini bisa Anda simak dalam ulasan 5 fakta menarik hidup di zaman digital berikut ini. Selamat membaca dan semoga informasinya bermanfaat untuk menambah wawasan Anda, ya!

1.    Kemudahan berkomunikasi.


Seperti yang dikutip dari New York Times, penulis Thomas L. Friedman dalam bukunya The World is Flat membagi globalisasi ke dalam beberapa tahapan. Mulai dari globalisasi 1.0, globalisasi 2.0, sampai akhirnya sekarang umat manusia sudah memasuki era globalisasi 3.0 yang ditandai dengan adanya teknologi digital yang mengelilingi manusia.

Adanya internet membuat manusia saling terhubung dengan mudah, sehingga mempermudah komunikasi. Belum lagi, masih ada platform media sosial di mana pengguna bisa membagikan informasi dengan mudah, hingga berkomunikasi secara privat, misalnya dengan memanfaatkan fitur video call.


2.    Mobilitas dan fleksibilitas.


Perkembangan di era digital berkat adanya internet juga mempermudah manusia dalam beraktivitas secara mobile, atau dari jarak jauh. Bahkan, tak sedikit acara yang tidak mewajibkan peserta datang dan bertatap muka seperti halnya seminar yang diadakan secara konvensional.

Dengan adanya media online, Anda bahkan bisa bekerja tanpa harus datang ke kantor, mengikuti program online course, atau menghadiri seminar online alias webinar. Bahkan, saat ini tak sedikit lembaga pendidikan yang mengimplementasikan sistem belajar online, termasuk program kuliah online.

Selain itu, malah sekarang program konser musik online juga sudah mulai dikembangkan. Caranya mirip seperti ketika Anda akan mendatangi konser atau acara musik pada umumnya, yaitu dengan membayar “tiket”, namun acaranya bisa Anda nikmati dari laptop atau smartphone di mana pun Anda berada. Bahkan, teknologinya terus dikembangkan agar musisi yang sedang tampil bisa berinteraksi dengan para penonton selayaknya di acara konser biasa pada umumnya.

3.    Bisa berbelanja dari mana saja dan kapan saja.


Perkembangan di era digital berkat kemajuan internet juga dapat dirasakan oleh Anda yang perlu berbelanja, tapi sering tertunda karena kesibukan. Sebab, berbelanja secara online alias online shopping saat ini jadi jauh lebih mudah, cepat, dan praktis.

Jadi, Anda bisa berbelanja kapan dan di mana saja tanpa harus repot-repot keluar rumah untuk mendatangi toko agar bisa membeli segala kebutuhan seperti pakaian, bahan makanan, produk perawatan diri, dan sebagainya. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa membayar tagihan listrik atau air, cicilan kendaraan, beli pulsa atau voucher game online, sampai membayar tiket kereta api, pesawat, bus, atau travel secara online.

Seluruh transaksi belanja bisa dilakukan lewat aplikasi, website, situs e-commerce, atau situs marketplace yang Anda sukai. Untuk pembayarannya sendiri, Anda bisa andalkan layanan internet banking agar Anda tak perlu lagi repot-repot harus ke ATM, kan?

4.    Memunculkan profesi baru dan peluang menghasilkan uang.


Selain kemudahan dalam beraktivitas, adanya internet di era digital saat ini juga telah sukses menghadirkan profesi baru, Contohnya influencer, content creator, blogger maupun vlogger, dan sebagainya. Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan dengan cara memanfaatkan keahlian yang Anda miliki, seperti menulis, membuat desain grafis, mendesain dan membuat website, dan sebagainya. Bahkan, Anda juga bisa berjualan secara online dengan lebih mudah dan terjangkau dibandingkan jika Anda memulai bisnis berjualan dengan cara konvensional, lho!

5.    Bayar ini-itu tanpa perlu uang tunai.


Fakta lain kemudahan hidup berkat adanya internet di era digital saat ini adalah perkembangan metode pembayaran cashless, alias tanpa uang tunai. Pilihan metodenya bahkan lebih variatif dibandingkan zaman dulu yang harus menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau kartu uang elektronik. Soalnya, saat ini ada banyak platform e-wallet alias dompet elektronik legal yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti dompet. Jadi, walaupun yang tunai di dompet pas-pasan, selama saldo di e-wallet Anda cukup, Anda tetap bisa belanja dan melakukan pembayaran di berbagai tempat dengan mudah, seperti restoran, toko buku, supermarket dan swalayan, SPBU, sampai penjual kaki lima.

0 Response to "5 Fakta Menarik Kemudahan Hidup di Dunia Digital "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel