Iklan Kiri

5 Tips Atur Finansial-mu saat Pandemi Covid-19

Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi covid-19 sebagaimana dengan beberapa negara lain di dunia. Sebut saja Italia, America, Cina, Spanyol yang menelan korban jiwa cukup banyak dan membuat pemerintah masing-masing negara pesimis dan temperamental. Tidak tanggung-tanggung, pandemi ini menelan korban lebih dari dua juta jiwa dan melumpuhkan banyak aspek kehidupan.



Dampak covid-19 tidak hanya menyebabkan banyak korban meninggal dunia, namun juga berdampak pada masalah keuangan. Di Indonesia sendiri, yang masuk dalam kategori negara berkembang merasakan dampak dari covid-19 ini khususnya dalam bidang keuangan. Beberapa prediksi berakhirnya covid-19 pun bermunculan. Beberapa memprediksi akan berakhir Juli, sebagian yang lain prediksinya sampai September, dan baru-baru ini memprediksi akan tuntas akhir tahun. Lalu, bagaimana dengan kondisi perekonomian masyarakat? Bagaimana cara mengatur finansial yang ada selama pandemi covid-19 ini?

1. Yuk, cari tau apa yang menjadi hak Anda


Selama pandemi corona, kita mengenal beberapa istilah baru. Diantaranya adalah social distancing, lockdown dan yang baru-baru ini marak digaungkan adalah pembatasan sosial berskala besar. Intinya adalah pembatasan gerak, pembatasan ruang dan aktivitas. Ini berarti akan banyak mata pencaharian yang terhambat yang berarti secara pemasukan yang di dapat tidak stabil atau bahkan nihil sama sekali. Beberapa pihak di PHK, dan menggantungkan nasib pada sektor mata pencaharian baru yang tidak cukup menjanjikan pula. Beberapa mati bukan karena terdampak covid, tapi karena kelaparan. 

Cari tau apa kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja terkait hal itu. Ketahui bagaimana pemerintah menerapkan kebijakan yang baru mengenai hal itu. Semisal tentang kelonggaran listrik, pemberian sembako, dan sebagainya. Setidaknya, dengan cara ini Anda akan mengerti apa saja yang perlu dan yang tidak dialokasikan dananya.  Alihkan dana yang tersisa untuk kepentingan yang lain.

2. Pangkas pengeluaran


Saat normal tanpa pandemi, sesekali mungkin kita ingin jalan-jalan, atau kita ingin nonton, ingin shopping dan sebagainya. Namun karena prediksi kapan pandemi berakhir belum bisa dipastikan, yang berarti selama itu arah gerak kita terbatas. Untuk itu, pangkas pengeluaran yang tidak perlu untuk mengantisipasi keperluan di masa mendatang. Fokus pada pengeluaran inti untuk sementara waktu dan  yuk alihkan aktivitas hiburan ke arah yang lebih ekonomis seperti nonton film di rumah, masak bareng bersama keluarga, bersih-bersih dan curhat.

3. Negosiasi dengan kreditor


Selain kebutuhan sehari-hari, banyak dari kita yang umumnya memiliki kredit, entah itu kredit bank, kredit kendaraan, koperasi dan sebagainya. Semua pihak menyadari bahwa saat ini kita sedang berada di posisi yang sulit karena pandemi  corona. Untuk itu, pelajari kebijakan yang diberikan oleh masing-masing lembaga. Lakukan negosiasi, angsur sebagian jika masih sanggup, namun jika tidak Anda bisa melakukan proses negosiasi lebih lanjut.

4. Bijak menggunakan tabungan


Beruntung sekali bagi kita yang kebetulan memiliki tabungan entah untuk keperluan apapun itu. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan tabungan secukupnya untuk mengantisipasi kebutuhan harian dengan penghitungan yang matang. Manfaatkan aset yang ada sementara waktu untuk menghindari hutang.

5. Konsumsi produk home-made


Saat kita membeli, sebenarnya harganya lebih mahal lho daripada buat sendiri, betul? Misalkan saja Anda suka membeli makanan diluar agar lebih praktis misalnya, ini akan menghabiskan cukup banyak biaya sebenarnya. Manfaatkan waktu lockdown ini bersama keluarga di rumah salah satunya dengan memasak. Cukup siapkan bahan makanan pokoknya,  rancang apa saja makanan yang akan dibuat untuk menyesuaikan dengan bahan makanan pokok yang disediakan. Selain ekonomis, kebersihannya pun terjaga karena kita mengolahnya secara langsung. Higienis menghadapi covid-19 adalah langkah pencegahan yang dianjurkan yang ditandai dengan pemakaian masker dan hand sanitizer.

Selain fokus menjaga imunitas tubuh, menjaga stabilitas keuangan sangatlah penting. Antara imunitas daan keuangan ini tentu saja sangat berhubungan erat. Kelola keuangan dengan baik dimana ini berarti Anda berusaha untuk bertahan hingga pandemi covid-19 berakhir. Jika ingin mencari pekerjaan tambahan, memilih jenis pekerjaan online dengan salary via transfer atm akan sangat membantu. 

0 Response to "5 Tips Atur Finansial-mu saat Pandemi Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel