Iklan Kiri

5 tips hidangkan sajian menu sehat di bulan puasa

Bulan puasa telah tiba, kuliner khas bulan suci ini tentu tak pernah lepas dari hidangan meja makan. Namun, terkadang mengonsumsi makanan yang sembarangan dan tidak teratur dapat menyebabkan badan menjadi tidak bugar. Selain karena faktor porsi makan, jenis sajian yang dihidangkan juga sangat berpengaruh besar. Tidak heran jika setelah melalui bulan ini, banyak orang yang komplain mengalami kenaikan berat badan, karena terlalu banyak karbohidrat yang dimakan. Oleh karena itu, sajian yang sehat dan juga nikmat perlu sekali dihidangkan selama bulan ramadhan. Bagaimana tips hidangkan sajian menu sehat di bulan puasa? Yuk cek ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut agar puasa tidak hanya mendatangkan pahala tetapi juga badan sehat!



1. Hindari gorengan!


Siapa yang bisa menolak renyahnya gorengan, salah satu makanan khas Indonesia yang renyahnya tiada duanya? Siapapun mengetahui bahwa gorengan seakan-akan menjadi hidangan yang harus ada selama bulan puasa tiba, apalagi sebagai salah satu menu buka puasa yang melegenda. Namun sayangnya, bahaya gorengan juga bisa mengintai kita semua. Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan ini bisa jadi terlalu banyak dan mengandung lemak yang berbahaya. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan badan menjadi agak gemukan. Oleh karena itu, menghindari gorengan adalah salah satu tips jitu yang bisa diaplikasikan agar ibadah puasa dapat menghasilkan sehat pada badan. Berat memang, tapi patut dicoba bukan?

2. Perbanyaklah makan buah


Buah merupakan salah satu sumber serat yang utama bagi tubuh kita. Mengonsumsi buah setiap hari mendatangkan kebermanfaatan yang tinggi bagi keberlangsungan hidup kita. Sama halnya dengan hari-hari biasa, jika selama puasa kita memperbanyak konsumsi buah, bukan tidak mungkin lagi tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar. Meskipun tidak makan selama hampir dua belas jam, makan buah dapat memberikan energi pada tubuh kita yang kekurangan cairan selama seharian. Adapun contoh-contoh buah segar yang bisa menjadi sajian menemani hidangan utama di bulan puasa adalah melon, semangka, buah naga, dan alpukat. Alpukat adalah salah satu contoh buah yang memiliki kandungan lemak baik yang sangat tinggi. Mengonsumsi alpukat untuk berbuka puasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh kita karena rasanya yang mengenyangkan.

3. Jangan lupa makan ikan


Sebagai salah satu sumber protein hewani yang tinggi, menyajikan hidangan berbahan ikan adalah salah satu tips jitu agar tubuh tetap sehat selama menjalani ibadah puasa. Selain kandungan protein hewani yang tinggi di tubuhnya, ikan juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang cenderung sedikit, sehingga aman dikonsumsi bagi yang ingin melakukan diet. Menu ikan sendiri dapat dibuat dengan berbagai varian menu masakan yang tentunya tidak akan membosankan. Nutrisi yang diberikan oleh ikan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh selama berpuasa. Jangan khawatir tubuh menjadi kegemukan karena ikan menjadi salah satu menu favorit yang tidak boleh terlewatkan selama berpuasa.

4. Konsumsi karbohidrat kompleks dengan seimbang


Tips berikutnya dalam menghidangkan sajian menu sehat di bulan puasa adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang seimbang. Makanan-makanan yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat kompleks adalah beras merah, roti gandum, kentang rebus, biji-bijian, kacang-kacangan dan oats. Dengan takaran yang seimbang serta dilengkapi oleh varian lauk dan buah yang segar, maka bisa dijamin bulan ramadhan akan terasa lebih menyenangkan dan menyehatkan. Karbohidrat kompleks sangat penting untuk dikonsumsi karena peranannya dalam menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Stimulus serotonin yang diberikan oleh karbohidrat kompleks dapat mengontrol nafsu makan, sehingga membuat kita bisa merasa lebih cepat kenyang. Dengan keadaan seperti ini, dijamin kegemukan dapat dengan mudah terhindarkan.

5. Sayur jangan lupa turut disertakan


Menu lain yang juga menjadi wajib untuk dihidangkan dalam sajian menu baik buka puasa maupun sahur adalah sayur. Hampir sama seperti buah, sayur dapat memberikan rasa segar bagi tubuh karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Jenis-jenis sayuran yang bisa menjadi alternatif pilihan adalah sayuran hijau, seperti sawi, bayam, brokoli, dan lain sebagainya. Semua jenis sayur ini dapat divariasikan juga menjadi beberapa jenis makanan yang sehat yang bisa dikonsumsi selama ramadhan. Rutin mengonsumsi sayuran juga dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Sistem pencernaan tubuh yang sehat menandakan bahwa kinerja organ-organ dalamnya juga dalam kondisi yang baik.

Konsumsi yang seimbang antara contoh menu-menu yang telah disebutkan dalam tips hidangkan sajian menu sehat di bulan puasa akan membuat kita menjadi lebih pribadi yang sehat, bugar, dan bahagia. Selamat mencoba semuanya!

0 Response to "5 tips hidangkan sajian menu sehat di bulan puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel