Iklan Kiri

5 Cara memilih Tepung Ketan yang baik untuk membuat Makanan

Buat Ibu Ibu atau para koki yang sudah seringkali membuat aneka jenis kudapan manis seperti klepon, wingko, gambir, bolu ketan, onde onde, ronde, bubur candil & masih bnyk lagi, niscaya telah tidak asing menggunakan bahan dasar pembuatannya. Apakah itu? Yaa, Tepung ketan. Apa yang anda ketahui tentang jenis tepung yang satu ini?



Tepung ketan merupakan tepung yang terbuat dari beras ketan putih atau juga beras ketan hitam yg melalui proses tumbukan atau digiling sampai halus. Berbeda menggunakan jenis tepung beras dan tepung tapioka, tepung ini lebih kental pada ketika pada larutkan lantaran banyak mengandung Pati yg berperekat. Untuk sanggup membuat berbagai aneka makanan ringan atau kue yg lezat  ,umumnya orang orang akan memilih jenis tepung ketan putih.


Umumnya sebelum diolah atau dimasak, anda wajib  mengetahui mana tepung beras ketan yg rupawan dan berkualitas. Mengapa? Sama seperti Tepung beras, bahan kuliner ini juga rentan terhadap bau apek & kutu. Oleh sebab itu anda harus lebih teliti menentukan tepung ketan yang baik untuk diolah demi kesehatan famili anda. Bagaimana cara membedakan tepung ketan yang baik dengan yang tdk? Jangan risi uraian di bawah ini sudah sediakan jawabannya. Mari kita simak.

Cara Memilih Tepung Ketan yg Baik buat menciptakan Makanan

1. Memilih Tepung Ketan yg memiliki warna putih. 

Umumnya Tepung ketan yang memiliki rona putih, cenderung adalah tepung yang beraroma wangi, lantaran ketan tadi merupakan asli & tanpa mengandung adonan apapun. Tepung ketan yang berkualitas merupakan yang mempunyai rasa yang normal dalam arti tidak berasa asin ataupun anggun.


2.Perhatikan material pada setiap butirannya. 

Tepung ketan yg baik mempunyai ciri dengan butiran utuh dan cenderung tidak rapuh. Namun buat tepung ketan yg kurang bagus umumnya cenderung mempunyai bnyk sekali patahan dalam setiap butirannya.

3. Tidak berbau apek & tidak terdapat benda asing. 

Biasanya tepung ketan yg tdk mengagumkan adalah dengan adanya benda –benda asing misalnya batu, kutu beras ataupun kotoran yg lainnya.

4. Memiliki Aroma pandan yang sedikit menyengat. 

Tidak banyak diketahui ternyata tepung ketan mempunyai aroma yg seperti menggunakan pandan. Aroma tadi akan terasa bila anda menciumnya dalam jeda yang dekat, bahkan hingga saat pada cuci pun aroma pandan masih inheren dalam tepung ketan.

5.Tidak mempunyai tekstur yg kusam. 

Untuk masalah rona, tepung ini memiliki warna yang sangat putih dan pekat. Sehingga tekstur dalam tepung ketan pun tidak akan Nampak kusam karena diakibatkan oleh rona kuning pada beras ketan tersebut.

Uraian diatas merupakan beberapa cara buat mampu menentukan jenis tepung ketan yang baik menjadi bahan pembuatan kuliner anda, demi kesehatan bersama, anda wajib  lebih hati –hati saat akan berbelanja atau membeli sesuatu termasuk jenis –jenis tepung. Sebelum membeli ada baiknya anda mencari referensi fakta seputar karakteristik –ciri tepung yg berkualitas dan sehat. Ketentuan ini pula berlaku buat semua jenis tepung mencakup tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, tepung maizena & masih bnyk lagi.

0 Response to "5 Cara memilih Tepung Ketan yang baik untuk membuat Makanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel