Iklan Kiri

5 Fakta tentang Dalgona Coffee, Kopi Kekinian yang Viral di Medsos

Tren kuliner di media sosial (medsos) seolah tak ada hentinya, baik itu makanan atau minuman. Setelah muncul satu tren, yang berikutnya akan segera menyusul. Dan saat ini, ada satu jenis minuman yang sedang viral-viralnya dicicipi oleh para warganet di seluruh dunia, yaitu dalgona coffee alias kopi dalgona.



Selain jadi minuman yang saat ini sedang disukai oleh para warganet, menu ini juga ramai dicoba dengan berbagai macam metode atau teknik. Yang pertama diperkenalkan adalah teknik dengan mengocok biasa menggunakan whisk atau kocokan telur, yang bisa memakan waktu cukup lama. Tapi, banyak warganet yang membuat testimoni kalau kelelahan karena harus terus mengocok bahan-bahan dibayar tuntas dengan kelezatan rasa dalgona coffee pada sesapan pertama!

Dan seiring dengan berjalannya waktu, makin banyak orang yang membagikan teknik-teknik lain yang lebih hemat tenaga dan waktu, serta dengan bahan-bahan utama yang sama. Dengan begitu, Anda jadi bisa menikmati kopi kekinian ini dengan lebih cepat, kan?

Pada kali ini, ada 5 fakta menarik tentang minuman dalgona coffee ini, selain rasanya yang sudah dijamin enak. Apa saja ya fakta-faktanya? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1.    Jadi populer karena muncul di acara TV Korea.


Demam dalgona coffee diperkirakan muncul setelah sebuah episode acara TV di Korea disiarkan pada bulan Januari 2020. Dalam episode tersebut, aktor terkenal Korea Jung Ilwoo sedang bepergian ke Makau, dan di sana ia menjajal sebuah menu kopi. Olehnya, minuman tersebut kemudian diberi nama dalgona coffee karena mirip seperti permen tradisional khas Korea, yaitu dalgona.

Karena popularitas Jung Ilwoo, tak heran kalau banyak fansnya yang kemudian ikut-ikutan mencoba menu kopi yang kemudian dikenal sebagai dalgona coffee tersebut. Setelah itu, para pengguna Instagram, YouTube, hingga TikTok juga ikut membuat serta membagikan proses pembuatannya lewat platform medsos sampai akhirnya minuman ini terkenal di seluruh dunia.

2.    Dalgona adalah permen tradisional asal Korea.


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalgona merupakan nama permen tradisional yang berasal dari Korea Selatan dengan tekstur lembut seperti spons. Dalgona alias ppopgi dibuat dari bahan dasar gula, baking soda, dan sedikit minyak untuk melumuri cetakan.

Gula pasir dituangkan ke dalam sendok besar dan dipanaskan di atas api sampai cair sambil terus diaduk-aduk agar tidak gosong. Kemudian, tambahkan sejumput baking soda dan segera, dan terus aduk sirup gulanya selama beberapa detik, atau sampai adonan mengembang. Setelah itu, adonan dituangkan ke atas piring, dipress dengan lempengan logam selama beberapa detik, lalu dicetak dengan cetakan logam.

3.    Asal-usul dalgona.


Konon, dalgona sendiri muncul untuk pertama kali di Busan pada tahun 1960-an. Setelah itu, sepanjang periode 1970-1990, para penjual dalgona kaki lima memberikan tantangan seru bagi anak-anak yang membeli dalgona agar bisa memecahkan permen tersebut sesuai bentuk cetakan unik tanpa merusak bentuk permennya. Kalau si anak sukses membuat dalgona sesuai bentuk cetakan, ia akan mendapatkan permen tersebut secara gratis.

4.    Punya “kembaran” di India


Dalgona coffee sendiri sering disebut mirip dengan kopi kocok khas India, yaitu phenti hui coffee. Selain kemiripan wujudnya, para penggemar kopi di India juga berkomentar bahwa keduanya memiliki rasa yang serupa. Apalagi, proses pembuatannya juga mirip, yaitu mencampurkan kopi, gula, serta sedikit air panas dan dikocok hingga berbusa.

Hanya saja, penyajian dalgona coffee dan phenti hui coffee berbeda. Kalau pada dalgona coffee, hasil kocokan dituangkan di atas gelas yang sudah berisi susu, hal yang berkebalikan dilakukan pada penyajian phenti hui – alias susu dituangkan ke dalam gelas yang berisi hasil kocokan.

5.    Dalgona coffee muncul pertama kali di pencarian Google akhir Januari 2020.


Selain baru mulai viral pada bulan Januari 2020, minuman ini juga baru muncul untuk pertama kalinya di pencarian Google pada periode yang sama. Beberapa pemicunya adalah kemunculan konten-konten video cara membuat dalgona coffee di YouTube, serta tagar #dalgonacoffee di berbagai platform medsos.

Nah, itulah 5 fakta menarik tentang dalgona coffee. Kalau Anda, apakah pernah mencoba membuat sendiri minuman ini di rumah?

0 Response to "5 Fakta tentang Dalgona Coffee, Kopi Kekinian yang Viral di Medsos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel